Wudhu menjadi sesuatu yang akrab bagi kaum muslim. Pasalnya wudhu merupakan salah satu cara bersuci untuk melakukan ibadah dalam islam. Wudhu menjadi ritual suci, sebelum kamu menginjak sajadah dan mengenakan mukena yang hendak melakukan sholat atau ibadah suci lainnya.


Namun tahukah kamu bahwa melakukan wudhu terlebih dahulu merupakan salah satu kebiasaan Rasul. Jangan salah, ternyata Nabi besar kita Muhammad SAW juga melakukan hal demikian. Kebiasaan baik ini tentu memberikan pengaruh baik untuk yang melakukannya.

1. Wudhu sebagai Terapi Akupuntur
Setidaknya paling sedikit ada 493 titik akupuntur yang terkena basuhan air pada saat berwudhu, dimana masing-masing titik apabila dirangsang dapat menstimulir bioenergi yang berguna membangun kesamaan atau keseimbangan di dalam tubuh, sehingga menimbulkan efek terapi.

2. Menjadi Pikiran Mudah Berkonsentrasi

Sebagian pakar saraf telah membuktikan bahwa air wudhu yang dingin ujung-ujung syaraf dari tangan hingga jari kaki sangat berguna sekali untuk memantapkan konsentrasi pikiran.

Kondisi ini juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh kamu antara lain, akan dapat menghilangkan stress, depresi dan beban pikiran, menjadi lebih terkontrol dalam melakukan suatu aktivitas, meningkatkan konsentrasi, dan tidak gegabah.

3. Wudhu Dapat Membersihkan Diri
Selain untuk menyucikan diri, wudhu juga bermanfaat untuk membersihkan diri yang sudah kotor, oleh dunia luar. Selain membersihkan kotoran secara spiritual, bagian luar tubuh pun akan mengalami pembersihan dari kotoran dan debu yang menepel pada tubuh ketika beraktivitas sehari-hari.

4. Relaksasi
Manfaat wudhu juga berguna sebagai media relaksasi tubuh. Masih berkaitan dengan manfaat penggunaan air ketika melakukan prosesi ritual wudhu. Tubuh kamu yang terkena percikan air, selain merasa segar akan merasakan kenyamanan dan rileks.

5. Mencegah Penyakit Pernafasan
Dengan menghirup air melalui lubang hidung, dan rongga hidung sampai ke tenggorokan bagian hidung. Berfungsi untuk membersihkan selaput dan lendir hidung yang tercemar oleh udara kotor dan juga kuman. Selaput dan lendir hidung merupakan basis pertahan pertama pernapasan. Proses ini dapat menjaga akan bahaya pemindahan mikroba dari hidung ke anggota tubuh yang lain.

6. Mencerahkan Wajah
Salah satu bagian tubuh yang paling utama dalam penampilan kamu ialah bagian wajah. First impression berasal dari kondisi wajah. Kondisi wajah yang kusam, kaku, dan terlihat suram akan menyebabkan kamu merasa tidak percaya diri dan mungkin dijauhi. Namun, untuk mencegahnya, kamu dapat mencerahkan wajah kamu dengan cara melakukan wudhu.

Biasanya setelah melakukan wudhu, maka kondisi wajah akan menjadi cerah dan cemerlang. Karena kotoran serta debu yang menempel pada wajah dapat hilang dan menjadi bersih, sehingga menjadi lebih enak untuk dipandang.

7. Baik untuk Kesehatan Wajah
Beberapa dokter kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan air wudhu sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan kesehatan wajah. Kamu dapat melakukan prosesi wudhu sebelum tidur, untuk menjaga kesehatan wajah kamu, dan membersihkan wajah kamu, mencegah menumpuknya bakteri pada wajah, meremajakan kulit wajah.

8. Membuat Perasaan Tenang
Membasuh kedua telapak kaki dengan memijat secara baik dapat mendatangkan perasaan tenang dan nyaman, karena telapak kaki merupakan cerminan suluruh perangkat tubuh. Orang yang berwudhu seakan-akan memijat seluruh tubuhnya satu persatu.

Padahal ia hanya membasuh kedua telapak kakinya dengan air dan memijatnya dengan baik. Ini merupakan salah satu rahasia timbulnya perasaan tenang dan nyaman yang dirasakan oleh seorang muslim setelah berwudhu.

Post A Comment: